Rabu, 17 Mei 2017

10 Tatanan Mahar Unik Agar Selalu Diingat

Mahar atau mas kawin menjadi barang wajib yang tidak boleh terlewatkan di setiap proses pernikahan. Mahar atau mas kawin adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki (atau keluarganya) kepada mempelai perempuan (atau keluarga dari mempelai perempuan) pada saat pernikahan. Tanpa adanya mahar pernikahanmu akan dianggap tidak sah. Mahar dalam agama Islam dinilai dengan menggunakan nilai uang sebagai acuan, hal ini disebabkan karena mahar merupakan harta dan bukan semata-mata sebagai sebuah simbol. Wanita dapat meminta mahar dalam bentuk harta dengan nilai nominal tertentu seperti uang tunai, emas, atau benda berharga lainnya. Karena keistimewaan inilah, bentuk mahar di setiap pernikahan selalu dibuat secara menarik.

Diantara sekian banyak bentuk tatanan mahar yang selama ini ada, beberapa bentuk yang kreasibanjar hadirkan kali ini semoga bisa memberi para calon pengantin inspirasi.

1.      Mahar Bentuk Masjid
Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam atau muslim menyembah sang pencipta. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di masjid. Tak heran bila mahar berbentuk masjid merupakan salah satu pilihan yang banyak diminati para calon pengantin, harapannya setelah mereka menikah kelak kedua mempelai dapat membina rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warrahmah dan keduanya saling mengingatkan satu sama lain untuk beribadah secara berjama’ah di rumah Allah SWT.
2.      Mahar Dengan Hiasan Lafadz Allah Dan Muhammad
Sebagai salah satu bentuk rasa cinta sang hamba kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW maka banyak para calon pengantin yang memilih bentuk mahar ini agar setelah menikah kedua mempelai selalu mengingat sang kuasa yaitu Allah SWT dan kekasih-Nya Nabi Muhammad SAW.
3.      Mahar Berbentuk Masjidil Haram
Masjidil Haram merupakan Masjid terbesar di dunia yang berada di Kota Makkah Arab Saudi, dan menjadi arah untuk sholat kaum muslim,
Di dalam Masjidil haram terdapat Kabah, yang dibangun Nabi Ibrahim dibantu oleh Nabi Ismail, dan dinyatakan sebagai masjid tertua dalam sejarah,
Ada dua hal yang menjadi point penting keberadaan Masjidil haram, yang pertama sebagai arah kiblat sholat, dan yang kedua sebagai tujuan ibadah haji dan umrah. Para calon pengantin memilih mahar berbentuk Masjidil Haram berharap agar suatu hari setelah mereka menikah bisa menginjakkan kaki di Masjidil Haram dengan pasangan mereka.
4.      Mahar Dihiasi Foto Sang Mempelai
Jika ingin lebih hemat, calon pengantin bisa menjadikan mahar pernikahan sekaligus menjadi foto pernikahan. Caranya, tinggal aplikasikan foto kedua mempelai di atas susunan uang logam yang menjadi mahar pernikahan. Mahar akan sekaligus menjadi foto pernikahan yang tak biasa dan elegan.
5.      Mahar Bentuk Inisial Nama Mempelai
Mahar inisial semakin banyak digandrungi para calon pengantin. Meski tak banyak ornamen yang menghiasi mahar berbentuk huruf inisial kedua mempelai, namun bentuknya yang unik menarik minat para calon pengantin.
Penulis sedikit bercerita ya.. Contoh mahar inisial ini punya Bu Ninda dosen di UIN Antasari Fakultas Tarbiyah Tadris Biologi. Kami kenalnya karena beliau memepercayakan pembuatan mahar pernikahan di kreasibanjar. Ga nyangka bakal membuatkan mahar dosen UIN Antasari hehe..
6.      Mahar Bentuk Nama
Mahar berbentuk nama mempelai juga menjadi salah satu pilihan karena bentuknya cantik, unik, menarik dan yang pasti tidak sama dengan bentu mahar milik orang lain karena berbentuk mahar nama kedua mempelai sendiri.
7.      Mahar Dengan Hiasan Siluet
Beberapa waktu yang lalu lagi booming bikin siluet. Jadi kreasibanjar juga menghadirkan mahar siluet agar para calon pengantin setelah menikah selalu merasakan bayangan pasangan mereka dimanapun berada.
8.      Mahar Benuk Pohon
Ibarat cinta, pohon adalah cinta yang sempurna. Akar, awal mulanya. Pohon, pondasinya. Ranting, masalahnya. Daun, penguatnya.
Cinta seperti akar, dimana awal pertemuan dimulai.
Cinta seperti pohon, dimana semakin tua maka semakin kokoh.
Cinta seperti ranting, dimana semakin banyak ranting yang ada berarti semakin banyak juga masalah yang ada.
Cinta seperti daun, dimana semakin hari silih berganti daun yang ada. Daun yang muda berganti dengan daun yang menua. Daun yang menua berganti dengan daun muda. Ibarat cinta, semakin hari semakin banyak daun dan semakin kuat cinta itu.
Semakin tua pohon semakin kokoh pohon itu.
Ibarat cinta, semakin lama semakin kuat pula cinta itu.
Nah inilah filosofi pohon. Sehingga para calon pengantin berharap cinta mereka kepada pasangannya masing-masing semakin lama semakin kuat seperti pohon. Namun tak melebihi kecintaan mereka terhadap Allah SWT, Nabi Muhammmad SAW dan orang tua.
9.      Mahar Bentuk Logo
 
Mahar logo instansi merupakan pilihan yang menyimbolkan dimana para calon pengantin bekerja mencari nafkah atau menggambarkan kegemaran calon pengantin. Misalnya mahar berbentuk logo Tribata Polri, logo TNI, ataupun mahar Klub Bola Barito Putra Kesayangan Urang Banua.
10.  Mahar Berbentuk Menara Eiffel
Hampir setiap sudut pandang kota Paris memiliki nuansa yang romantis seperti: bangunan, museum yang cantik, pemandangan yang indah, jalan-jalannya dipenuhi para pasangan yang saling romantis-romantisan, juga terdapat menara Eiffel yang terkenal sebagai tempat yang digunakan oleh banyak orang untuk mengungkapkan perasaannya terhadap pasangannya, bahkan tidak sedikit yang melamar kekasihnya ditempat itu. Ditambah lagi ketika kamu mengunjungi menara Eiffel di waktu malam hari maka kamu akan menemukan pemandangan yang begitu romantis.
Nah makanya mahar bentuk menara Eiffel juga menjadi salah satu pilihan. Sang mempelai berharap agar kisah cinta mereka selalu romantic dan semoga suatu hari kelak mereka bisa berlibur ke kota Paris.

Semoga setelah membaca artikel ini para calon pengantin bisa menentukan mahar pernikahan mereka dan mempercayakan pembuatannya di kreasibanjar. Untuk melihat koleksi kami dapat dilihat di akun instagram kreasibanjar atau hubungi 08993993773 untuk info lebih lanjut. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Tatanan Mahar Unik Agar Selalu Diingat

Mahar atau mas kawin menjadi barang wajib yang tidak boleh terlewatkan di setiap proses pernikahan. Mahar atau mas kawin adalah harta ya...